Kamis, 17 Mei 2018

FAKTA DAN MITOS TENTANG SAHUR


#CeritaRamadanKu #Day1

Bismillahirrahmanirrahim.

Selamat menjalankan ibadah puasa hari kedua. Tadi sahur pake apa? Jangan cuman pake ingatan tentang dia, ya. Karena dia belum tentu ingat kamu. Hahahahaattsyiim.

Kali ini aku mau cerita sedikit tentang sahur. Tapi bukan lagi cerita soal keberkahan, soal keutamaan, dan lain2nya. Karena untuk itu, kawan-kawan pasti sudah tau. Makanya tetap mau bangun, menyiapkan, dan makan sahur walaupun masih sendiri. *eh, apa hubungannya?

Berikut fakta dan mitos yang akrab dengan sahur. Apa aja, ya? Yuk, kita cek.

Makan Banyak Saat Sahur Biar Kuat Puasa Seharian

Iyap, dalam sahur ada keberkahan. Selain itu, ketika kita makan sahur, kita sedang menyimpan energi dan karbohidrat untuk bisa menahan lapar beberapa jam ke depan. Tapi, benarkah dengan makan banyak2 waktu sahur dapat membuat kita kenyang lebih lama?

Dulu, aku ingat banget, waktu masih belajar puasa. Selalu pas sahur mama bilang, “makan yang banyak, biar kuat puasanya.” Dan aku pun makan banyak. *iya, mungkin karena memang congok* Tapi belum lagi siang hari, kok udah laper lagi ya? -__-

Ternyata, setelah gede, aku baru tau. Makan yang terlalu banyak saat sahur justru mendatangkan mudhorat. Lambung yang terlalu penuh akan membuat kita susah bergerak dan malas. Dan ini rentan sekali membuat kita tidur lagi sehabis solat subuh. Bahkan kadang2 langsung terasa ngantuk sehabis sahur. Apa gak bahaya, geng!

Habis makan langsung tidur itu kan sangat tidak baik untuk kesehatan. Masalah fatal yang bisa ditimbulkan adalah naiknya asam lambung dan perut buncit. *Astagaaaaa*

Selain itu, ternyata terlalu banyak makan saat sahur justru menurunkan produktivitas kita di siang hari. Seperti kata Dr. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPd-KGEH, FINASIM, FACP, dokter dari divisi Gastroentologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo yang dilansir CNN Indonesia, “makan berlebihan akan membuat kadar gula darah naik secara mendadak. Kondisi tersebut bisa merangsang produksi insulin berlebihan, dan akan merangsang hormon lain sehingga membuat Anda menjadi mengantuk.”

Menurut Ari, seberapa banyakpun makanan yang kita konsumsi, tetap akan habis dalam waktu 6 sampai 8 jam. Jadi tidak berpengaruh untuk membuat perut tetap kenyang.

Nah, ini nih pencerahan pertama yang kita dapat hari ini. Ternyata makan banyak saat sahur tidak lantas membuat kita kenyang seharian. Mama-ku kemaren ngomong begitu karena biar aku semangat makan sahur. Itu doang. Jadi, nanti kalo udah jadi sama si dia, jangan instruksikan hal yang salah kepada anak2 ya. ^_^

Berbuka Dengan Yang Manis, Bersahur Dengan Yang ...

Bukan, bukan dengan yang masih sayang. Ini jelas mitos. Karena mantan adalah kenangan walaupun dia masih sayang. *Uhuk!

Bersahurlah dengan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Jenis makanan ini akan membuat kita kenyang lebih lama. Kenyang lebih lama loh ya. Bukan kenyang seharian. -_-

Karbohidrat bisa kita dapat dari nasi. Yaiyalah ya, orang Indonesia mah kalo sahur gak pake nasi bukan sahur namanya. Bisa juga dari biji2an. Terus kalo protein bisa kita dapat dari telur dan ikan. Jangan lupakan serat yang berasal dari buah dan sayuran. Biasakan makan sahur dengan makanan yang sehat dan mencukupi gizinya, ya. Yang masih sahur pake mie instan, bertobatlah, nak! Nikah sana! Biar ada yang ngurusin. :v

Lantas mengapa saat bersahur kita tidak dianjurkan makan makanan yang manis?

Makanan manis ternyata hanya punya daya tahan selama 2 jam saja. What?! Terus kalo gitu, sahur jam 4, jam 6 udah laper lagi, gitu?

Yaaahh, begitulah kira2. Makanya saat bersahur kita tidak disarankan makan makanan manis. Makan nasi, ikan, sayur dan buah ajalah. Mayan, kan. Lebih longlasting. Wkwkwkwk.

Nah, jadi sudah tau ya, mitos seputar sahur. Semoga bermanfaat.

Terus faktanya apaaa?

Faktanya adalah : bersahur berdua lebih baik daripada sendiri. Semoga yang hari ini masih sahur dewe’an, Ramadan tahun depan sudah berdua-an. Hihihii. Aamiin.


#29haringeblog #ceritaramadanku

Biar pada kenal sama yang nulis. Wkwkwwk. *Puasa2 rindu Sibayak. Gimana iniii? -__-

6 komentar:

  1. Wah, kalau gitu aku sahurnya sedikit aja lah. Biar hemat. Kan sama aja. Kwkwkw. Kalau banyakin minum gmna kk? Karena biasanya haus yang keterlaluan ketika berpuasa?

    BalasHapus
  2. Minum air 8 gelas per hari ya mbeng.. biar gak dehidrasi ngeliat dia dilamar orang. πŸ˜₯

    BalasHapus
  3. Beneran Asik Nih Saya Bacanya UstadzahπŸ‘πŸ‘ Trims Atas Tulisan Yang Berbobot Ini,Mantab Bingit πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat walaupun gaya nulis saya santai banget ya. hehe. terima kasih kembali. :)

      Hapus
  4. Hehhehe..

    Puasa ke sibayak yuk...
    Sekalian sahur buka dan taraweh.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa.. kurang kerjaan itu namanya.. πŸ˜‚

      Hapus