Senin, 21 Mei 2018

DEAR, IBU2 KOMPLEK ...


#CeritaRamadanKu #Day4

Bismillahirahmanirrahim.

Telat nulis blogpost lagi, harusnya mostingnya semalam nih. Tapi karena belum kepikiran ide apa yang mau ditulis, akhirnya tertunda. Aku kepingin nulis yang memang benar2 matang soalnya. Matang aja sih, gak sampai gosong jugak. Wkwkwk.

Aku teringat Ramadan-ku di beberapa waktu lalu. Waktu itu aku mudik jenguk ribu (nenek, red). Gak jauh2, sih. Di desa kecil di Tanah Karo. Sekitar 2,5 jam dari Brastagi. Jadi waktu itu mungkin saking kangennya, atau saking ada keperluan mendadaknya, aku kesana cuman buat bobok doang. Perginya sabtu, pulangnya minggu. Jadi pas pulang menuju Medan, aku berangkatnya kesiangan. Awalnya perkiraanku jam 5an udah nyampek rumah, taunya udah jelang bedug maghrib aku masih di angkot dari Padang Bulan menuju rumah.

Mulai panik, nih. “Udah mau bedug. Gue buka puasa pake apa?” lirik kanan kiri, isinya kok ya inang2 semua. Nyuntil pulak itu. Hadoh, sudah tidak ada yang bisa diharapkan di angkot ini. Pas udah pasrah gitu, tetiba angkot berhenti. Aku gak tau persis ada yang turun atau menaikkan penumpang baru. Soalnya fokusku hanya mengeluh ke Allah. “Ya Allah, awak buka puasa pakek apaa??” Sampai tiba2, lututku dicowel. “Kak, ini, buka puasa dulu,” mbak2 berkerudung menyodorkan minuman mineral gelasan, dan plastik gorengan. “Kakak puasa, kan?” sambungnya tersenyum.

Alhamdulillah ... Wa yarzuqhu min haitsu layah tasib... (At-Thalaq : 3)

Ternyata tadi itu angkotnya berhenti untuk menaikkan penumpang malaikat yang menjelma jadi mbak2 yang menawariku takjil.

Hanya segelas air putih dan sebiji gorengan. Hanya itu. Tapi begitu bersyukurnya aku, begitu berterima kasihnya aku pada mbak2 itu. Kebayang kan gimana pas kita lagi butuh2nya terus tiba2 ditolongin seseorang yang  bahkan gak kita kenal? Allah maha baik. ^_^

Lah, terus apa hubungannya judul dengan isi curhatan masa lalu eke itu?

Belakangan, beberapa waktu sebelum puasa, dan di bulan puasa begini adalah zaman ustadz2 pengisi ceramah di masjid2 dan di pengajian ibu2 mengumandangkan hadist yang artinya,

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Ini menjadi wabah berbalas pantun di kalangan ibu2 komplek. Kenapa di kalangan ibu2? Karena biasanya yang masak buat buka puasa di rumah itu ibu2, bukan bapak2. Wkwkwkwk.

Hari ini, ibuku bikinin lontong sayur dan di antar ke tetangga, terus baliknya piringnya udah berisi lontong sate. Besok ibuku ngirimin gado2 lagi ke tetangga, terus baliknya ikan bakar. Besoknya lagi, ibuku nganterin kue2an ke tetangga, baliknya itu piring berisi semangka. Besoknya lagi, ibuku keduluanan ibu tetangga. Ibu tetangga ngirimin kurma, nah ibuku kembali membalas dengan ntah apalah itu. Gitu aja terus sampek lebaran. -_-“

Loh kok gitu?

Iya, soalnya mereka satu majelis pengajian. Mendengarkan ustadz yang sama. -,-

Terus, emang kenapa kalo mereka berbalas pantun? Bukannya bagus, jadi bisa ngerasain makanan lain selain yang dimasak ibu?

Bagus dong. Bagus banget malah. Pas buka puasa banyak menu yang bisa dipilih. Tapi, hei, andai kata si ustadz tau akan hal ini, pasti keningnya akan mengerut. Tembakannya meleset.

Ibu2 komplek pada tau kalo mereka semua sama2 berkecukupan. Mereka mampu menyiapkan takjil mereka di rumah masing2.  Jadi kenapa coba takjilnya nggak diantarkan aja ke masjid? Atau diantarkan ke panti asuhan? Di antarkan ke tempat yang mungkin lebih membutuhkan takjil yang kita buat. Pasti lebih bermanfaat. Pasti yang menerima bersyukur dua kali lipat dibanding mereka yang memang mampu untuk membuat atau membeli takjil.

Kayak kejadian aku dulu. Kalo pas aku di rumah, terus dikasi minuman gelas dan gorengan, aku pasti bersyukur. Tapi rasa syukurku pasti biasa2 saja. Lain halnya kalo pas aku di angkot, gak punya makanan apa2. Punya duit tapi gak bisa dipakek buat beli apa2, terus dikasi takjil. Widiiihhh, saking bersyukurnya sampek awak doakan lah kakak2 tadi itu yang baik2.

Jadi, dear ibu2 komplek ... Cukupkanlah berbalas pantun sampai disini. Esok lusa, mumpung Ramadan masih ada, kirimkanlah rezeky berupa takjil ke tempat yang lebih membutuhkan, ya. Semoga lebih banyak manfaatnya dan lebih banyak pahalanya. Aamiin.

Note : Kalo yang ngebaca ini belum jadi ibu2, kasi tau sama mamak kelen ya. Kalo yang ngebaca kebetulan bapak2, kasi tau istrinya ya. hehe. Semoga ibadah kita berkah. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar