Selasa, 10 Oktober 2017

MY JOURNEY – PEMANDIAN DUA RASA

Kamu pernah dengar tentang pemandian alam ini? Sebuah sungai yang airnya mengalir dengan dua suhu sekaligus. Yang anak komunitas pasti pernah dengar. Sudah nggak asing ya kan.. atau mungkin sudah pernah kesana. Aku mengulas ini buat referensi kamu yang belum pernah kesana dan kepingin kesana. Atau buat kamu yang sudah pernah kesana, tapi udah lama banget. Ini kusajikan info terbaru.


Hari minggu kemarin aku dan beberapa teman berkesempatan berkunjung kesana. Di musim yang banyak “kangen” dan banyak banget hujannya ini, awalnya agak ragu. Khawatir pas nyampek sana malah hujan, atau masih di perjalanan malah hujan.  Tapi segala keraguan gak berwujud nyata karena cuaca cerah banget. Alhamdulillah.

Kita berangkat jam 8 pagi dari Medan. Jalanan gak terlalu rame. Malah bisa dikategorikan sepi. Gak tau deh, mungkin karena memang masih pagi, atau memang kebetulan gak begitu banyak yang jalan ke dataran tinggi sana karena karena kan musim hujan tuh. Eh tapi ternyata, kemaren pas sebelum berangkat aku search, cuacanya bakal hujan loh di Sibolangit. Tapi pas nyampek, cerah banget. Banyak anak pramuka yang lagi kemping. Ada juga rombongan dari UIN SU. Ternyata katanya, cuaca di Sibolangit sekarnag sulit diprediksi karena efek Sinabung. Hmm.. Bisa diterima.

Kita mampir ke Sibolangit karena ada kawan yang kelaparan rupanya. Hahahaha. Jadi abis si beliau makan, barulah kita beranjak.

Tempat tujuan kita tuh adanya di sebuah desa yang namanya Desa Suah. Tapi pas nyampek, aku baca gapura, namanya Desa Nageri Gugung. Gak tau deh ya. Mungkin aku yang silap, soalnya pas search memang orang2 bikin nama alamatnya Desa Suah. Jarang dari Sibolangit katanya sekitar 40 kilo, kurang lebih mohon maaf. Lupa2 ingat. :v Dan lebih kurang bisa ditempuh dalam satu setengah jam dengan sepeda motor.

Aku sih gak masalah ya kalo cuman satu setengah jam kalo jalannya mulus kayak jalan Yos Sudarso. Tapi sodara2, anda harus tau, ternyata jalanan yang kita lewati tuh awalnya mantap jiwa kali. Jalannya bagus. Tapi belok2nya geng, udah kek sirkuit balap! Udah yang bawa motor emang guru rasa pembalap. :v mantap jiwa lah pokoknya.

Ternyata “mantap jiwa” itu hanya opening doang. Cuman beberapa menit. Paling lama kita jalan di sirkuit balap yang cucok itu setengah jam doang. Setelah itu ... taraaaa... welcome to the jungle! Jalanannya rusak parah! Batu2nya segede batu kali. Kanan kirinya hutan. Gak ada yang lewat samsek. Mulailah daku beristighfar terus sampek akhirnya kita nemu sebuah desa. Kirain udah mo nyampek, taunya.... -_-

“Terus aja, naik ke atas.”

Oke fine, ternyata perjalanan masih panjang, sodaraaa... dan perjalannya lebih greget! Setelah kita keluar dari desa itu, kita mulai menapaki jalanan yang sempit, kecil. Kek jalur kereta api, kata abang itu. Gak lama, nemu jalan nanjak, dan batu2nya masih se-gede yang tadi. Bayangin gimana ngerinya gue diboncengan ituuu.. -_-“

Biar kamu gak ikutan tegang, kita langsung ajalah yaa. Nyampek lah kita pada akhirnya di destinasi luar biasa yang kita tuju itu. Oia, pemandian dua suhu itu melewati air terjun Sampuren Putih. Kamu pernah dengar, kan? Kembali ke laptop, jadi kita nyampek lah di Desa Suah tersebut. Parkirnya di balai desa, dan kita jalan menuju lokasi. Jalannya gak jauh sih. dan gak sulit2 banget buat dijalani. Yang salah adalah, aku salah set, masak iya aku pake sendal sepatu yang ber-hak? Jadilah menenteng sepatu, dan nyeker. -_-

Air sungainya gak begitu jernih. Kayak abu2 gitu. Kalo dilihat sepintas, kayaknya gak selera gitu mau nyemplung. Sampek kita susuri terus sungainya dan menemukan spot yang sungainya agak dalam, biar bisa dipakek berenang2 bebek. Wkwkwk.

Dan disinilah keajaiban itu dimulai. Aku nyemplung. Airnya hangat, dan ini mengingatkan aku pada air Danau Toba di Paropo kemaren. Terus aroma belerang kecium sih, tapi gak tajam. Terus lagi, pas aku lagi berenang2 bebek, tetiba menyembul air hangat bahkan cenderung panas dari dalam sungai. Wuuuuuu.... its emejing!

Jadi air sungai kita itu enak banget loh. Dingin iya hangat iya. Duuuuhhh... enak kali weeee.... betul akuuu.. :D

Disana juga ada batu2 yang ada belerangnya. Jadi banyakjuga pengunjung yang makek belerang. Diolesin ke muka dan badan. Aku gak pake sih kemaren. Maklum, udah kinclong. *hueeekk*

Di tepi sungai ada pohon2 gede yang gedeeeeee banget. Duh, gimana ya mendeskripsikannya. Aku tampilin fotonya aja deh ya.


Jadi ini tuh destinasi yang luar biasa lah pokoknya. Kamu gak akan menyangka, di aliran air sungai yang harusnya dingin, bisa menyembul air hangat. Kalo kamu pernah dengar ada dua aliran sungai, yang satu dingin dan yang satu panas, itu juga bener. Tapi yang pasti bikin kamu terpana adalah munculnya air hangat di tengah2 air dingin. Cobain deh!

Aku gak usah ceritain gimana jalan pulangnya deh yaa. Kamu cukup bayangin gimana jalanan yang nanjak tadi kini kita harus turuni. *gue ngebayangin aja udah ngeri, coy*

Oh iya, ini trip perdana komunitas pecinta alam ABK (Anak Belawan Kelayapan). Gak tau juga kenapa bisa diajakin, mungkin karena rezeky anak soleha. :D Alhamdulillah.

Perjalanan yang awesome ini memang menyuguhkan destinasi yang luar biasa. Tapi, perlu kamu tau, aku udah pernah kesini, dan kayaknya enggak dulu deh kalo diajakin kesini lagi. :v udah pernah soalnya. Hahahaha. Masih lebih suka kalo diajakin ke tempat lain yang lebih seru. :D
See u soon! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar