Rabu, 11 Februari 2015

MY JOURNEY - PELARUGA, SPOT CANTIK DI LANGKAT

Kisah ini dimulakan saat takdir tak sejalan dengan konsep perjalanan yang kutawarkan. Benar, sematang apapun sebuah rencana, jika Sang Maha Tinggi tak ridhoi, percuma. Kalimat itu sempat nampang di PM ku untuk beberapa waktu sekedar untuk pengobat luka kecewa. Sapai pada akhirnya aku diberi kesempatan untuk menikmati perjalanan yang, ah, mungkin kalian mengira aku berlebihan menyebutnya luar biasa. Jadi, akan kuceritakan.

Liburan semester kemarin sebenarnya aku dan beberapa teman berencana menyambangi Sabang. Pulau kecil di wilayah serambi Mekkah. Planning demi planning sudah kami rancang, mulai dari transportasi, penginapan, sampai spot2 yang akan kami kunjungi. Semua tampak tak sekedar rencana, tp akan segera mewujud nyata.

Tapi, seperti yang kubilang tadi. Semua percuma jika Sang Maha Tinggi tak ridhoi. Cuaca bulan Desember yang memang bercurah hujan tinggi menjadi kendala terbesar. Belum lagi berita di tv nunjukin kalo kota yang bakal kami sambangi malah banjir. Banyak teman yang menyarankan kami menunda keberangkatan. Selain alasan banjir, mereka juga bilang kalau disana sering ada badai, jadi gak ada kapal yang nyebrang ke Sabang.

Dengan gurat2 kecewa kasat mata, akhirnya mimpi snorkling di Sabang terpaksa kusimpan kembali. Mau gimana lagi?? Yaahh, walah sebenernya agak nyesel juga sih, gak nekat berangkat aja. Toh, ada juga yang berangkat kesana dan berhasil.liburan disana. *sedih kali kalo udah inget itu. Hiks.. T_T

Nah, disaat paling galau itu, nongollah seorang teman yang gak tega sama kesedihan aku yang lebay. Dia takut aku desperate tingkat kelurahan kali ya. Jadi dia ngajakin aku ke tempat yang katanya bakal bikin aku terhibur. Well, ini dia tempatnya.

Yap, namanya Pelaruga. Tempat ini terletak di daerah Langkat. Pokoknya masuknya dari Binje lah. Aku juga gak ngerti2 amat sih jalannya. Wkwkwk. Maklum, kalo udah jadi penumpang, emang suka lupa daratan. Untung gak tidur selama perjalanan. -_-"

Setelah browsing, aku akhirnya menemukan alamat lengkap si Pelaruga. Kalo ngirim surat lewat pos, pasti nyampe. Nih, di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat.

Tempat ini sebenernya buat tracking2 gitu. Pokoknya buat yang biasanya main ke mall ini tuh medan yang sulit lah. Aku juga ngaku sih, jalan kakinha palingan lima belas menitan doang, tapi nafasnya udah kayak atok2 lari pagi. Ahahha. Tapi semua lelah, semua pegel selama perjalanan dari Medan sampe ke lokasi terbayarkan lunas !


Lihat warna airnya ! #NoFilter
Kamu mungkin gak akan percaya sebelum lihat langsung. Tapi aku serius, kamu bakal terpesona akan keindahannya. oke..oke.. kita lupakan cara ceritaku yang lebay. Fokus kembali. Yap, disana ada beberapa spot yang bisa kita kunjungi. Ada air terjun tongkat, ada air terjun teroh-teroh, dan ada beberapa lagi lah. Aku juga gak ingat persis. Karena kemaren memang berangkatnya kesiangan, jadi kami, eh, dia memilihkan untuk ke tempat yang medannya paling gampang biar cepat nyampe. Dia sadar kali ya kalo lagi jalan sama cewe gendut. wkwkwk. Jadilah kami menuju spot Kolam Abadi. 

Kolam Abadi ini aliran sungai yang gak begitu lebar. Arusnya juga nggak begitu deras. Warnanya biru kehijauan. Cakep banget. Yang paling bikin wah, airnya jernih. Kita bisa lihat dasarnya dari atas. Pokoknya cantik banget. Seriusan !

Mungkin karena baru sekitar setahunan dibuka untuk umum, alam Pelaruga ini masih terjaga. Kata rangernya *oh iya, ranger yang memandu kami nyampe lokasi itu anak kecil yang masih kelas 6 SD. Bayangin, tuh !* dulu acara TV My Life, My Adventure pernah kemari. Dulu, waktu jalurnya belum dibuat untuk wisatawan. Masih hutan banget. Sekarang aja masih cakep, apalagi pas masih hutan dulu ya? 
What a wonderful place ^^

Satu lagi bukti kalau alamnya Pelaruga masih terjada adalah banyaknya koko2 dan cici2 yang datang kesini. perhatiin deh, di pemandian alam lain yang udah mainstream, ada nggak koko dan cici yang ikutan nyebur? Di parkiran waktu kami datang, bukan cuma dipadati sama sepeda motor, tapi banyak mobil juga. Terus nih, kalo buat aku yang amatiran untuk urusan alam, aku gak bakal berani bawa anak kecil kesini. Sekalipun pake ranger. Soalnya medannya berat. Licin lagi, karena musim hujan. Tapi tau nggak, aku menemukan keluarga kecil dengan dua anak yang mungkin masih tiga tahunan dan  lima tahunan disana. Aku nggak habis pikir betapa beraninya mama papanya bawa mereka kesana. -_-"

Eh, anyway, mas bro yang ajakin aku kesini ternyata punya kamera keren yang buat foto di dalam air. Jadilah aku katrok. Foto-foto terus. Haha. Pas foto-foto di dalam airnya, aku ngerasa ini obat banget. obat untuk luka yang tadinya tergores karena mimpi snorkling di Sabang harus kusimpan (lagi). Ternyata, Alloh kasih kesempatan juga buat ngerasain indahnya alam disini. di tempat yang hanya berjarak lebih kurang tiga jam dari Medan. Yah, simulasi sebelum ntar berangkat ke Sabang yang jaraknya belasan jam. 

Well, makasih sudah bawa saya kesini, bro ! ^^
Lumayanlah, dari pada ke Ocean Pacific. wkwkwkwk...












4 komentar:

  1. wah sangat menarik, belum pernah kesini huhuhu :(

    BalasHapus
  2. buruan.. nanti makin lama makin gak asri lagi. tau la acemana turis lokal..

    BalasHapus
  3. Wahh, seru,,,, Ane belum sempat kemari-kemari nih,,
    semoga yah semoga lah tetap terjaga tempat ini untuk menjadi Ikon Wisata Alam Sumatera Utara,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus kesini.. buktikan medan punya banyak tempat wisata alam yang jempolan.. :D

      Hapus